Kamis, 25 Februari 2010

Masalah Dalam Ergonomi

penerapan ilmu ergonomi di bidang teknologi ialah dalam pembuatan papan penunjuk jalan. Jika Anda pernah memasuki jalan tol, maka akan sering melihat papan yang menunjukkan arah kepada suatu daerah tertentu. Yang menarik ialah mengapa warna yang digunakan pada tulisannya ialah warna putih di atas hijau? Hal ini tak lepas dari apa yang disebut dalam ilmu ergonomi sebagai visual display. Warna hijau dan putih merupakan warna yang cukup kontras di siang hari, sehingga pengemudi akan dapat membaca papan jalan dengan lebih jelas. Sedangkan di malam hari, warna hijau akan terlihat berpandar, apalagi ditambah dengan pancaran sinar dari lampu mobil. Dari contoh ergonomi di atas, manusia mungkin tidak usah menebak di pintu keluar mana dia harus menuju ke tempat tujuannya, karena dengan melihat papan petunjuk jalan yang terang oleh pencahayaan lampu kendaraaan, dia lebih mudah menuju tempat tujuan nya yang di maksud, dan tidak usah pusing- pusing lagi menebak atau bertanya pada polisi jalan raya.

Mungkin masalahnya manusia itu sendiri yang tidak mau memanfaatkannya sebagai alat Bantu mereka dalam menyelesaikan masalahnya, sehingga tidak harus berlama- lama dalam menyelesaikan tugas tersebut

Manfaatkan apapun yang membuat mudah daklam melakukannya, tapi jangan di salah gunakan dari fungsi yang sebelumnya sudah menjadi ketetapan.

Dhimas. 2007. Ergonomi dalam Produk Dalam Negeri. http://ppsdms.org/

Artayasa.2010. Ergonomic dengan pendekatan menyeluruh. http://blog.isi-dps.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar