Rabu, 17 November 2010

PERBEDAAN INDIVIDU

PERBEDAAN INDIVIDU
A. Konsumen dan Proses Pertukaran
Proses pertukaran yang terjadi dalam pemasaran melibatkan pertukaran sesuatu yang bernilai, yang diberikan oleh pelanggan untuk sesuatu yang bernilai yang di terima dari penjual.
Sumber daya lain yang di gunakan seperti energi, mungkin digunakan untuk berbelanja dan konsumsi, tetapi uang, waktu dan perhatian merupakan yang utama.
Contohnya dalam pasar tradisional seorang konsumen menukarkan uangnya dengan barang yang akan di butuhkan konsumen saat itu. Dalam sebuah organisasi, konsumen mungkin menukar waktu mereka sebagai sukarelawan, tenaga, pikiran atau bahkan uang untuk operasional organisasi tersebut.
Sebenarnya perilaku konsumen tersebut ditentukan, dipaksa oleh sumber daya yang tersedia untuk di tukar oleh barang dan jasa yang ingin dijual.

B. Sumber Daya Ekonomi Konsumen
Keputusan konsumen sehubungan dengan produk dan merek sangat di pengaruhi oleh jumlah sumber daya ekonomi yang mereka punyai atau mungkin yang mereka punyai pada masa datang. Untuk menjadi seorang konsumen di perlukan uang sebagai alat tukar.
Dalam era yang lebih awal di kenal barter, yaitu pertukaran barang yang lazim dilakukan. Barter masih digunakan dalam masyarakat kurang maju, contohnya saat ini barter masih digunakan di suku baduy dalam, dalam membarter sesuatu masyarakat baduy menukar barang yang mereka punya dengan barang yang mereka ingini, misalnya seseorang ingin menukar beras yang dimiliki dengan ayam atau kambing, mereka sudah mempunyai ukuran tertentu akan suatu barang yang di ingini.
Dalam masa sekarang di kawasan urban, masyarakat menggunakan sumber daya ekonominya, seperti pendapatan serta kekayaan itu merupakan variabel pertama yang harus dianalisis didalam perilaku konsumen dalam pembelajaan untuk kategori makanan, pakaian, perumahan dan lain-lain (pendidikan, kesehatan, rekreasi, dan sebagainya).

C. Sumber Daya Temporal
Waktu menjadi hal yang sangat penting dalam memahami perilaku konsumen karena banyak dari konsumen yang menghabiskan waktunya tiap minggu untuk bekerja rata- rata 8 jam setiap harinya sehingga mereka kahilangan waktu hanya sekedar untuk mengosongkan waktu untuk sekedar beristirahat. Walaupun demikina perilaku tersebut berhubungan dengan bagaimana orang menggunakan anggaran waktu mereka, kebanyakan dari mereka waktu dihabiskan untuk bekerja, tidur dan kewajiban lain. Namun ada bagian tertentu untuk kegiatan sangat pribadi yang disebut waktu senggang yang mencerminkan baik kepribadian maupun gaya hidup seseorang.
Contohnya setelah lelah bekerja dari senin sampai jumat seorang pekerja membutuhkan penyekgaran di akhir minggu, entah berekreasi atau melakukan hal yang membuat mereka nyaman serta dapat melepaskan penat selama seminggu bekerja.



D. Sumber Daya Koqnitif
Sumber daya kognitif menggambarkan kapasitas mental yang tersedia untuk menjalankan pelbagai kegiatan dalam pengolahan informasi. Ukuran kapasitas kerap digambarkan dalam instilah keratin, yang mewakili suatu pengelompokan atau kombinasi informasi yang dapat diolah sebagai suatu unit.
Kapasitas kognitif dikenal sebagai perhatian, terdiri dari dua dimensi: arahan yang menggambarkan focus terhadap perhatian , serta intensitas yang mengacu pada jumlah kapasitas yang difokuskan pada arahan tertentu. Misalnya, saat melihat iklan produk kendaraan, konsumen memilih produk mana yang disukai mulai dari merek, jenis, serta hal-hal yang mendetail dari produk tersebut setelah mnemukan hal yang di ingini mereka segera membeli produk tersebut.


DAFTAR PUSTAKA
Engel, J F; Roger D B; Paul, W M. 1995. Perilaku konsumen jilid I. Jakarta : Binarupa Aksara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar