Kamis, 07 Oktober 2010

faktor perilaku konsumen dan dinamika

I.Faktor- faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen :

1.Faktor- faktor kebudayaan
a.Kebudayaan :
kebudayaan merupakan faktor penentu yang paling dasar dari keinginan dan perilaku seseorang. Bila makhluk lainnya bertindak berdasarkan naluri maka perilaku manusia umumnya dipelajari.
Contoh : seseorang belajar makan saat dia melihat orang tuanya makan

b.Sub budaya : setiap kebudayaan terdiri dari sub-budaya – sub-budaya yang lebih kecil memberikan identifikasi dan sosialisasi yang lebih spesifik untuk para anggotanya. Misalnya suatu kelompok agama.
c.Kelas sosial : kelompok yang lebih homogen dan bertahan lama dalam suatu masyarakat, yang tersususn secara hierarki dan keanggotaannya mempunyai nilai, minat, dan perilaku yang serupa.

2.Faktor- faktor sosial
a.Kelompok Referensi
seseorang terdiri dari seluruh kelompok yang mempunyai pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap sikap atau perilaku seseorang.

b.Keluarga : ada 2 jenis keluarga dalam kehidupan membeli, yaitu keluarga orientasi yang merupakan orang tua dari seseorang. Dari orang tualah seseorang mendapatkan pandangan tentang agama, politik, ekonomi, dan merasakan ambisi pribadi, nilai, atau harga diri akan cinta. Serta keluarga prokreasi yaitu keluarga yang merupakan organisasi pembeli dan konsumen yang paling penting dalam suatu masyarakat

c.Peran dan Status : umumnya seseorang berpartisipasi dalam sebuah kelompok.



3.Faktor psribadi
a.Umur dan tahapan
dalam siklus kehidupan: konsumsi seseorang di bentuk oleh tahapan siklus kebutuhan seseorang

b.Pekerjaan : para pemasar berusaha mengidentifikasi kelompok pekerja yang memiliki minat di atas rata-rata.

c.Keadaan ekonomi : bagaimana pendapatan seseorang serta daya beli

d.Gaya hidup : bagaimana seseorang mengekspresikan kegiatannya seperti minat, dari pendapatan mereka. Gaya hidup juga menunjukan kelas sosial seseorang dimata masyarakat

e.Kepribadian dan konsep diri : mengetahui pandangan seseorang terhadap suatu barang

4.Faktor- faktor psikologis
a.Motivasi :
beberapa kebutuhan bersifat biogenik, kebutuhan timbul dari suatu keadaan psikologis tertentu. Misalnya lapar, haus, serta rasa tidak nyaman.

b.Persepsi :
bagaimana seseorang memilih, mengorganisasikan, mengartikan masukan informasi untuk suatu gambaran.





II.Dinamika Psikologis Perilaku Konsumen

Bagaimana perilaku seseoarang bila dimaknai sebagai proses yang dilalui oleh seseorang dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan bertindak pasca konsumsi produk, jasa, maupun ide, yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhannya.
Proses terbentuknya perilaku konsumen :
Mengenali kebutuhan untuk dirinya  pencarian informasi akan barang yang dibutuhkan  pemilihan akan merek, harga, serta kualitas dari barang yang akan di beli  keputusan membeli  perilaku terhadap suatu barang yang telah dibelinya.

Daftar Pustaka :
Setiadi, N J. 2003. Perilaku konsumen : konsep dan implikasi. Jakarta : Prenada media.

1 komentar: